Manajemen Pemasaran: Peranan Marketing dalam Abad 21
Manajemen Pemasaran: Peranan Marketing dalam Abad 21
Manajemen Pemasaran baru sudah merupakan mode sekarang ini.
Para pelaku bisnis beroperasi dalam perekonomian global, yakni segala sesuatu bergerak dalam hitungan detik, pasar kita diwarnai oleh persaingan yang luar biasa hebat, teknologi yang perkembangannya susah ditebak telah menantang setiap pelaku bisnis, dan dunia bisnis harus menyesuaikan diri dengan konsumen yang lebih mampu memegang peranan.
Konsep Manajemen Pemasaran yang lama tampak lebih sederhana.
Konsep Manajemen Pemasaran baru didasarkan pada Revolusi Digital dan manajemen informasi.
Informasi memiliki sejumlah sifat. Ia dapat didiferensasikan (dibuat tampak berbeda) tanpa batas, disesuaikan dengan kebutuhan, dan dibuat pribadi.
Informasi dapat disampaikan kepada banyak orang yang berada pada jaringan internet dan merupakan konsumsi publik yang dapat diakses oleh siapapun, orang akan mendapatkan informasi yang lebih baik dan mampu melakukan pilihan yang lebih baik.
Manajemen Pemasaran membahas pengidentifikasian dan pemenuhan kebutuhan sosial dan manusiawi.
Salah satu definisi tersingkat tentang pemasaran adalah "memenuhi kebutuhan dengan mendapatkan laba”.
Perusahaan – perusahaan yang tampak tak akan bisa runtuh senantiasa menghadapi pelanggan dan pesaing baru yang semakin berdaya, sehingga perusahaan tersebut harus memikirkan ulang model bisnis mereka.
Bahkan perusahaan yang memiliki kemampuan praktis di bidang informasi tidak bisa lagi bersantai.
Inti dari pembahasan materi ini adalah bahwa pemasaran yang efektif mempunyai banyak bentuk.
Akan selalu ada perbedaan pandangan yang tajam antara kubu pemasar yang terumuskan dan kubu pemasar kreatif.
Yang lebih mudah untuk dipelajari adalah kubu yang terumuskan, dan kubu itulah yang akan mendapatkan paling banyak perhatian pada modul ini.
Akan tetapi, kita juga akan menggambarkan cara kerja kreativitas dan kegairahan di banyak perusahaan.
Sumber: Philip Kotler dan Kevin Lane Keller
Intro:
https://www.youtube.com/watch?v=0pmweRZdJnI
Virtual Studio:
https://www.youtube.com/watch?v=wVrSX-ucL60
Kunci Pasar Pelanggan:
https://www.youtube.com/watch?v=WwGtmd9K5d8&t=152s
Value Chain:
https://www.youtube.com/watch?v=WScyZyFF_YY
Video dan materi lain selengkapnya silahkan kunjungi laman:
https://www.mariyudi.id/
Download:
https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1L28AYPEaJbJrgW11Z_E-2pQzVQ5B_88h
YouTube Channel:
Mariyudi. ID
Terima Kasih telah Menonton.
Jangan Lupa.... Like, Comment, Share dan Subscribe di Channel Saya:
https://youtu.be/Gl6bsUFW9c0
Manajemen Pemasaran baru sudah merupakan mode sekarang ini.
Para pelaku bisnis beroperasi dalam perekonomian global, yakni segala sesuatu bergerak dalam hitungan detik, pasar kita diwarnai oleh persaingan yang luar biasa hebat, teknologi yang perkembangannya susah ditebak telah menantang setiap pelaku bisnis, dan dunia bisnis harus menyesuaikan diri dengan konsumen yang lebih mampu memegang peranan.
Konsep Manajemen Pemasaran yang lama tampak lebih sederhana.
Konsep Manajemen Pemasaran baru didasarkan pada Revolusi Digital dan manajemen informasi.
Informasi memiliki sejumlah sifat. Ia dapat didiferensasikan (dibuat tampak berbeda) tanpa batas, disesuaikan dengan kebutuhan, dan dibuat pribadi.
Informasi dapat disampaikan kepada banyak orang yang berada pada jaringan internet dan merupakan konsumsi publik yang dapat diakses oleh siapapun, orang akan mendapatkan informasi yang lebih baik dan mampu melakukan pilihan yang lebih baik.
Manajemen Pemasaran membahas pengidentifikasian dan pemenuhan kebutuhan sosial dan manusiawi.
Salah satu definisi tersingkat tentang pemasaran adalah "memenuhi kebutuhan dengan mendapatkan laba”.
Perusahaan – perusahaan yang tampak tak akan bisa runtuh senantiasa menghadapi pelanggan dan pesaing baru yang semakin berdaya, sehingga perusahaan tersebut harus memikirkan ulang model bisnis mereka.
Bahkan perusahaan yang memiliki kemampuan praktis di bidang informasi tidak bisa lagi bersantai.
Inti dari pembahasan materi ini adalah bahwa pemasaran yang efektif mempunyai banyak bentuk.
Akan selalu ada perbedaan pandangan yang tajam antara kubu pemasar yang terumuskan dan kubu pemasar kreatif.
Yang lebih mudah untuk dipelajari adalah kubu yang terumuskan, dan kubu itulah yang akan mendapatkan paling banyak perhatian pada modul ini.
Akan tetapi, kita juga akan menggambarkan cara kerja kreativitas dan kegairahan di banyak perusahaan.
Sumber: Philip Kotler dan Kevin Lane Keller
Intro:
https://www.youtube.com/watch?v=0pmweRZdJnI
Virtual Studio:
https://www.youtube.com/watch?v=wVrSX-ucL60
Kunci Pasar Pelanggan:
https://www.youtube.com/watch?v=WwGtmd9K5d8&t=152s
Value Chain:
https://www.youtube.com/watch?v=WScyZyFF_YY
Video dan materi lain selengkapnya silahkan kunjungi laman:
https://www.mariyudi.id/
Download:
https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1L28AYPEaJbJrgW11Z_E-2pQzVQ5B_88h
YouTube Channel:
Mariyudi. ID
Terima Kasih telah Menonton.
Jangan Lupa.... Like, Comment, Share dan Subscribe di Channel Saya:
https://youtu.be/Gl6bsUFW9c0
Ass wrwb
BalasHapusBagaimana menurut bapak adakah dampak dunia pemasaran terhadap bencana covid19 ..jika ada apa langkah strategis untk mengatasi dampak tersebut.trimks
Terima kasih. Bencana covid 19 jelas sangat berpengaruh terhadap dunia bisnis. Setiap perusahaan perlu menyusun kembali strategi pemasaran mereka sesuai dengan kondisi terkini.
HapusVideonya bagus sekali, cukup jelas sama seperti kuliah tatap muka ( Muliadi 190261101016)
HapusSangat bermanfaat...Pak Doktor Maryudi 🙏🙏🙏
BalasHapusTerima kasih ibu. Mohon arahan dan bimbingan selalu
HapusTrimk atas penjelasan bapk.
BalasHapusPaparan vidio pembelajaran ny sangat baik dan positif
Terima kasih. Semoga bermanfaat
HapusMaaf pak lupa cantum kan nama dan nim
BalasHapusSri hidayati
Nim 190261101004
Sangat berdampak, menurut berita yg viral Mentri keuangan akan memotong the dan gaji 13 10% dan ini merupakan masalah bagi PNS
BalasHapusSecara internal kita musti menyesuaikan kembali mekanisme pembelanjaan kita dengan budget yang ada hehe
Hapushttp://riau1.com/berita/nasional/1586158169-pendapatan-minus-10-persen-thr-pns-dan-gaji-13-terancam-tak-dibayar-oleh-pemerintah
BalasHapusAssalamualaikum pak . Terimakasih atas penjelasannya, sudah sangat jelas dan efektif sekali pak. Izin bertanya pak. saya jamilah ( 190261101024 ).
BalasHapusBagaimana pendapat bapak mengenai pasar tradisional sekarang yang kita ketahui sudah hampir kalah saing dengan online shope dan yang lainnya pak ? Dan pada jaman sekarang pasar manakah yang lebih efektif menurut bapak ?
Globalisasi membuat dunia begitu terhubung, nyaris tidak ada sekat jarak dan waktu. Ternyata, globalisasi bukan melulu soal ekonomi tetapi juga kesehatan dan sosial.video yg BPK tayang kan sangat sesuai dgn keadaan saat ini apa lg dalam pembelajaran di abad 21.
BalasHapusLaila Fajri
190261101006
Terima kasih penjelasan materinya Pak. Bagaimana cara mengoptimalkan pemasaran suatu produk ditengah wabah virus dari China ( covid 19) sekarang ini.
BalasHapusAssalamualaikum pak. Saya Ainol Mardhiah ( 190261101020 ) . Video bapak sangat bermanfaat dan jelas sekali .
BalasHapusInti dari pembahasan materi ini adalah bahwa pemasaran yang efektif mempunyai banyak bentuk.
Akan selalu ada perbedaan pandangan yang tajam antara kubu pemasar yang terumuskan dan kubu pemasar kreatif.
Yang lebih mudah untuk dipelajari adalah kubu yang terumuskan, dan kubu itulah yang akan mendapatkan paling banyak perhatian pada modul ini.
Terima kasih pak atas penjelasan yang bapak sampaikan walaupun lewat vidio tetapi sangat bermamfaat. Yg ingin saya s tanyakan. (Ainol mardhiah)Nim 190261101020
BalasHapusTerima kasih pak atas penjelasan yang bapak sampaikan walaupun lewat vidio tetapi sangat bermamfaat. Yg ingin saya s tanyakan. (Ainol mardhiah)Nim 190261101020
BalasHapusAssalamu'alaikum wr.wb
BalasHapusAlhamdulillah video tentang Peranan Marketing pada Abad 21 sangat bermanfaat bagi materi kuliah kami pak...dari uraian tsb ada beberapa hal yang ingin sy tanyakan :
1. Mengapa value memegang peranan penting pada suatu perusahaan yang berhubungan dengan pelanggan / konsumen abad 21 dibandingkan dengan konsep pemasaran lainnya ?
2. Berdasarkan ruang lingkup pemasaran , para pelaku bisnis mengelompokkan pasar potensial dan pasar aktual ..adakah kelebihan dan kelemahan dari penerapan masing2 pasar tsb bagi suatu perusahaan ?
3. Hubungan antara nilai pelanggan total dengan biaya pelanggan total pada suatu produk yg akan dipasarkan
4. Apakah pengaruh atau dampak dari melemahnya daya beli masyarakat pada saat ini karena covid 19 jika dilihat dari ciri kemampuan konsumen di abad 21 yang memiliki peningkatan yg besar pada daya beli konsumen ?
5. Perbedaan dari penerapan value chain analysis pada waktu dahulu dengan sekarang
Terimakasih pak atas tanggapannya
IDA ILNAYANTI
190261101037
Darnila
BalasHapusAssalammualaikum wr.wb
Terima kasih atas penjelasan materinya pak
Penjelasannya ckp jls dan bermanfaat
assalamualaikum wr.wb
BalasHapusterimakasih atas penjelasanyan materinya pak, penjelasannya sangat bermanfaat
saya ingin mengajukan pertanyakan
sekarang ini kita bisa melihat banyaknya Penggunaan teknologi internet melalui media komputer atau handphone telah mengubah individu yang tadinya memiliki suatu kemandirian dalam bertindak, menjadi individuan yang sangat cenderung mengalami ketergantungan pada suatu media. khususnya kaum remaja menganggap HP menjadi second-life dalam dirinya. Kalau kita jumpai di mall atau di jalan, mereka asyik dengan dunianya sendiri seakan-akan lingkungan di sekitar mereka tidak menjadi penting, dan juga ketika mereka berkumpul dengan teman kerabatnya atau keluarganya mereka lebih asik bermain handphone ketimbang memperdulikan lingkungannya, jadi yang jadu pertanyaan saya adalah Bagaimana pemasar menyikapi hal ini? Strategi pemasaran apa yang harus dikembangkan oleh pemasar agar bisa memahami perilaku konsumen dengan baik?
SAFRIDA(190261101013)
materinya cukup jelas dan seperti tatap muka langsung. terima kasih atas informasi dan materi kuliah nya . Zuhri ( 190261101040 )
BalasHapusSangat jelas dan sangat bermafaat bg kami
BalasHapusWow video bpk sangat bermanfaat bg kami bpk
BalasHapusM.Dian
1902611101001
Wow video bpk sangat bermanfaat bg kami bpk
BalasHapusM.Dian
1902611101001
Assalamualaikum wr. wb..
BalasHapusSaya sangat Terima kasih sekali untuk bapak yang telah menyajikan sistem pembelajaran seperti ini. saya pribadi jadi lebih semangat belajarnya dan jadi termotivasi untuk lebih cerdas dalam memanfaatkan teknologi dan kreativitas ..
Sekali lagi saya sangat berterima kasih kepada bapak Mariyudi. Karena ini bisa menjadi pengalaman utk semua mahasiswa untuk bisa lebih memanfaatkan teknologi.
Nilawati
Nim : 191100410063