Manajemen Pemasaran: Cara Menciptakan Nilai Pelanggan, Kepuasan dan Loyalitas
Manajemen Pemasaran: Cara Menciptakan Nilai Pelanggan, Kepuasan dan Loyalitas
Di era digital saat ini, perusahaan menghadapi persaingan yang paling hebat, meskipun demikian dengan beralih dari filosofi produk dan penjualan yang lebih baik untuk memenangkan persaingan.
Dasar dari orientasi pemasaran yang dibentuk dengan baik ada hubungan pelanggan yang kuat. Pemasar harus berhubungan dengan mereka berproses dalam menciptakan nilai tambah, bahkan menikmati produknya, serta menjadi pelanggan yang loyal.
Pemasar berkewajiban mengimformasikan, melibatkan diri bahkan mendorong mereka dengan baik ketika ia menyarangkan untuk membuat pelanggan menjadi pusat budaya perusahaan, karena perusahaan yang berpusat pada pelanggan mempunyai keahlian dalam membangun hubungan pelanggan, bukan hanya produk, tetapi mempunyai kemampuan atau keahlian dalam rekayasa pasar.
Pemasar yang berhasil adalah pemasar yang secara total memuaskan pelanggan dengan menguntungkan.
Pemasar harus dapat mengetahui, memahami serta dapat memcari jalan keluar terhadap kesulitan atau ketidaktahuan dalam mendapatkan akses informasi serta dinamika informasi sehingga konsumen dapat memutuskan untuk memberli produk serta dari pengalaman dan apa yang di dapat dari karakteristik dari produk itu menjadikannya puas dan kembali membeli bahkan menjadi pelanngan yang loyal.
Dari aspek pandang di atas dari sekian pelanggan dengan berbagai karakteristik diatas secara realitas ada perbedaan presepsi yang mendasar dalam menilai, menyatakan apa puas, serta dari pasca pembelian dan konsumsi dapat menjawab konsep diatas.
Oleh karena itu pemasaran segera dapat meyakinkan pelanggan dengan cara atau tindakan antara lain, (1). Bagaimana cara membangun nilai, (2). Membuat konsumen puas, dan (3). Pelanggan menjadi loyal terhadap produk dan hubungan baik dengan perusahaan.
Menciptakan pelanggan yang loyal adalah inti dari setiap bisnis.
Menurut kamus Bahasa Indonesia loyal adalah patuh atau setia. Jadi bagaimana suatu perusahaan dapat membuat pelanggan loyal akan perusahaan atau produk kita.
Nilai di sini adalah nilai yang anda miliki sekarang dan nilai yang akan Anda miliki dimasa depan.
Suatu bisnis dapat dikatakan sukses apabila berhasil medapatkan dan mempertahankan pelanggan.
Pelanggan adalah satu-satunya alasan perusahaan membangun pabrik, mempekerjakan karyawan, menjadwalkan rapat, menyusun strategi pemasaran, merancang program dan aktivitas pemasaran dan lain sebagainya.
Sumber: Philip Kotler dan Kevin Lane Keller.
Intro:
https://youtu.be/-1d9bD1dRQA?t=41
Virtual Studio:
https://www.youtube.com/watch?v=onex6f2yaXQ
Music:
https://youtu.be/6TtQzzJGefI?t=2137
Green Screen Transitions / Overlays / Effects:
https://www.youtube.com/watch?v=QEHklHKKGL4
Ending:
https://www.youtube.com/watch?v=--54FWYI2I8
Contoh Nilai yang Dipersepsikan Pelanggan:
https://www.youtube.com/watch?v=dIBQVZbAoWo
Tips dalam menangani komplain pelanggan:
https://www.youtube.com/watch?v=b3ZZDg88bP0
https://www.youtube.com/watch?v=xISZaU03ZRk
Video dan materi lain selengkapnya silahkan kunjungi laman:
https://www.mariyudi.id/
Download:
https://drive.google.com/open?id=1yiN3yfgNRZa_TetQagigVgL76OaszAF7
YouTube Channel:
Mariyudi. ID
Terima Kasih telah Menonton.
Jangan Lupa.... Like, Comment, Share dan Subscribe di Channel Saya:
https://youtu.be/9J_PZmHm_w0
Di era digital saat ini, perusahaan menghadapi persaingan yang paling hebat, meskipun demikian dengan beralih dari filosofi produk dan penjualan yang lebih baik untuk memenangkan persaingan.
Dasar dari orientasi pemasaran yang dibentuk dengan baik ada hubungan pelanggan yang kuat. Pemasar harus berhubungan dengan mereka berproses dalam menciptakan nilai tambah, bahkan menikmati produknya, serta menjadi pelanggan yang loyal.
Pemasar berkewajiban mengimformasikan, melibatkan diri bahkan mendorong mereka dengan baik ketika ia menyarangkan untuk membuat pelanggan menjadi pusat budaya perusahaan, karena perusahaan yang berpusat pada pelanggan mempunyai keahlian dalam membangun hubungan pelanggan, bukan hanya produk, tetapi mempunyai kemampuan atau keahlian dalam rekayasa pasar.
Pemasar yang berhasil adalah pemasar yang secara total memuaskan pelanggan dengan menguntungkan.
Pemasar harus dapat mengetahui, memahami serta dapat memcari jalan keluar terhadap kesulitan atau ketidaktahuan dalam mendapatkan akses informasi serta dinamika informasi sehingga konsumen dapat memutuskan untuk memberli produk serta dari pengalaman dan apa yang di dapat dari karakteristik dari produk itu menjadikannya puas dan kembali membeli bahkan menjadi pelanngan yang loyal.
Dari aspek pandang di atas dari sekian pelanggan dengan berbagai karakteristik diatas secara realitas ada perbedaan presepsi yang mendasar dalam menilai, menyatakan apa puas, serta dari pasca pembelian dan konsumsi dapat menjawab konsep diatas.
Oleh karena itu pemasaran segera dapat meyakinkan pelanggan dengan cara atau tindakan antara lain, (1). Bagaimana cara membangun nilai, (2). Membuat konsumen puas, dan (3). Pelanggan menjadi loyal terhadap produk dan hubungan baik dengan perusahaan.
Menciptakan pelanggan yang loyal adalah inti dari setiap bisnis.
Menurut kamus Bahasa Indonesia loyal adalah patuh atau setia. Jadi bagaimana suatu perusahaan dapat membuat pelanggan loyal akan perusahaan atau produk kita.
Nilai di sini adalah nilai yang anda miliki sekarang dan nilai yang akan Anda miliki dimasa depan.
Suatu bisnis dapat dikatakan sukses apabila berhasil medapatkan dan mempertahankan pelanggan.
Pelanggan adalah satu-satunya alasan perusahaan membangun pabrik, mempekerjakan karyawan, menjadwalkan rapat, menyusun strategi pemasaran, merancang program dan aktivitas pemasaran dan lain sebagainya.
Sumber: Philip Kotler dan Kevin Lane Keller.
Intro:
https://youtu.be/-1d9bD1dRQA?t=41
Virtual Studio:
https://www.youtube.com/watch?v=onex6f2yaXQ
Music:
https://youtu.be/6TtQzzJGefI?t=2137
Green Screen Transitions / Overlays / Effects:
https://www.youtube.com/watch?v=QEHklHKKGL4
Ending:
https://www.youtube.com/watch?v=--54FWYI2I8
Contoh Nilai yang Dipersepsikan Pelanggan:
https://www.youtube.com/watch?v=dIBQVZbAoWo
Tips dalam menangani komplain pelanggan:
https://www.youtube.com/watch?v=b3ZZDg88bP0
https://www.youtube.com/watch?v=xISZaU03ZRk
Video dan materi lain selengkapnya silahkan kunjungi laman:
https://www.mariyudi.id/
Download:
https://drive.google.com/open?id=1yiN3yfgNRZa_TetQagigVgL76OaszAF7
YouTube Channel:
Mariyudi. ID
Terima Kasih telah Menonton.
Jangan Lupa.... Like, Comment, Share dan Subscribe di Channel Saya:
https://youtu.be/9J_PZmHm_w0
Nama : nurazizah (170420013)
BalasHapusMenurut saya materinya singkat, padat, jelas dan mudah dipahami pak
Ini sangat membantu proses pembelajaran dirumah . Terimakasih bapak
Mantap pak jelas sekali materi dan vidio nya.
BalasHapusAinol Mardhiah
Nim. 190261102020
Assalamu'alaikum pak
BalasHapusNama : Nur meilita suri
Nim 170420088
Video pembelajarannya sudah bagus pak
Sangat efektif sekali dan sangat membantu dalam memahami materi yang bapak berikan , materinya jelas sekali saat bapak menyampaikannya
Terimakasih bapak
Sehat selalu bapak
Semoga
Nama : Nada Nadifah (170420099)
BalasHapusMenurut saya video nya sudah bagus pak,materi yang disampaikan jelas sangat mudah untuk dipahami .
Terimakasih pak ..
Nama : Nadia
BalasHapusNim : 170420073
Menurut saya video pembelajarannya sudah cukup bagus dan materi yang bapak sampaikan juga sangat jelas dan mudah dimengerti.
Terimakasih Pak😊
assalamualaikum
BalasHapusNama saya: irma mulia
Nim : 170420025
Penyampain video pembelajaran nya sangat bermanfaat buat kami yg belajar dari rumah pak. Tampilan Video nya juga bagus.. mudah untuk dimengerti..
terimakasih banyak atas ilmunya pak 🙏
Nama : Elvi Zuhra
BalasHapusNim : 170420084
Vidionya sudah sangat bagus pak,bapak menjelaskan dengan sangat detail dan mudah dipahami,menurut saya pak volume musiknya di kecilkan sedikit lagi supaya suara bapak persentasi dengan musiknya tidak terllu tercampur.
Assalamualaikum
BalasHapusNama saya Miranda ulfia
Nim 170420007
Vdeo nya sangat bagus , menarik dan cara penyampaiannya sangat baik pak , sangat membantu dalam proses belajar dengan situasi seperti yang seperti ini . Bapak sangat detail menjelaskan poin per point nya . Terimakasi atas ilmu nya pak
Sukses dan sehat selalu pak ��
Nama:Sri Ayu Lestari Tanjung (170420009)
BalasHapusVideo nya sangat bermanfaat, penjelasan materi sangat jelas dan mudah dimengerti .
Terimakasih pak
Ilmu yang sangat bermanfaat untuk memulai sebuah bisnis dan cara menjalankannya dengan baik dan benar supaya bisa mendapatkan pelanggan yang banyak dan dapat mempertahankan pelanggan. Terimakasih ilmunya pak
BalasHapusMuhammad Tamin (170420080)
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Risky Putri Amalia dengan NIM 180420068. Video yang bapak berikan sudah sangat bagus. Tetapi ada baiknya kalau musik nya jangan terlalu besar saat bapak berbicara. Karena suara bapak jadi kurang terdengar dan suaranya pecah. Tapi jangan dihilangkan juga musiknya karena akan membosankan. Terimakasih ilmunya pak. Semoga kita semua sehat selalu.
BalasHapusAssalamualaikum pak
BalasHapusNama : Nurasyifa Maharani
NIM : 170420098
Wahhh keren sekali pak videonya,materi nya juga mudah dipahami
Terima kasih pak dan sukses terus ya pak
Nama : agung (170420071)
BalasHapusMenurut saya materinya singkat, padat, jelas dan mudah dipahami pak
Ini sangat membantu proses pembelajaran dirumah . Terimakasih bapak
Luar biasa pak👍
BalasHapusDari pembukaan aja sudah sangat menarik pak. Video dan penjelasan materi nya sudah sempurna pak, durasi nya pas. Terima kasih ilmunya pak. Semoga sukses selalu pak.
Lisa Hafidhah 170420105
Nama : Ulfia Rahmi
BalasHapusNim : 170420102
Menurut saya materi yang disampaikan dalam video pembelajaran kali ini sangat jelas dan mudah dipahami pak, dan sangat membantu kami dalam proses belajar.
Terimakasih pak
Nama : zulfazil
BalasHapusNim. : 190261101038
Video yg sangat bermamfaat dan berguna bagi kita smua untuk memulai sebuah bisnis
Smoga slalu berjaya untuk kita smua
BalasHapusNama saya : zuhra balqis
BalasHapusnim 170420033
Alhamdulillah...terimakasi pak untuk materi harini,..sangat jelas pak dan singkat serta mudh dimengerti. Intinya video nya bagus pak
Sukses terus pak
Terimakasi ��
Nama:Idawati
BalasHapusNim: 190261101030
Menurut saya materi yang disampaikan dalam video pembelajaran sangat jelas dan mudah dipahami sehingga sangat membantu kami dalam proses belajar
Terimakasih pak
Nama : Mardiana
BalasHapusNim : 170420114
Materi dari video ini sangat jelas dan mudah dipahami. Terimakasi ilmunya pak
Maylisa Putri
BalasHapus170420116
Materi yang bapak sampaikan jelas, tepat, dan mudah dimengerti.
Sangat membantu dalam kuliah online.
Terimakasih pak
Sukses selalu
Luar biasa materinya. Sukses selalu pak👍
BalasHapusBy : Miftahul zannah nst 170420093
BalasHapusNama Afriana
Nim 190261101031
Menurut saya, materi dan video yang disampaikan cukup menarik dan dapat dipahami.
Terima Kasih banyak Bapak atas ilmunya
Materi nya bisa menjadi pengganti kuliah langsung, disaat kita dituntut untuk kuliah daring.
BalasHapusAssalamualaikum
BalasHapusSaya Hesti susianasari
Nim 170420043
Video pembelajarannya sudah bagus pak
Sangat efektif sekali dan sangat membantu dalam memahami materi yang bapak berikan, materinya jelas sekali saat bapak menyampaikannya karena bapak menjelaskan materi per pointnya jdi memudahkan kami dalam belajar pak
Terimakasih bapak
Sehat selalu bapak
Terimakasih pak untuk ilmunya, materi dijelaskan dengan baik sehingga mudah dimengerti.
BalasHapusYuldasari (170420066)
Asssalammualaikum pak
BalasHapusSaya edyanta 170420051
Terima kasih atas materinya pak sangat membantu saya belajar yang efektif di tengah pandemi virus begini
Terima kasih banyak atas ilmunya pak
Assalamualaikum..
BalasHapusNama saya M.Iqhza Khaliq (170420089)
Alhamdulillah setelah melihat video bapak, Alhamdulillah videonya sangat menarik untuk ditonton dan materinya sangat mudah difahami
Tapi, saya ingin sedikit memberikan masukan terkait video bapak
Alangkah lebih baik, jika music nya sedikit dikecilkan, dan audio bapak bisa lebih di steril kan, soalnya nampak dari proses rekamannya suara bapak masi sedikit memantul mungkin karena berada dalam ruangan saat proses perekaman, supaya audio yang nanti dihasilkan bisa lebih keren pak
Terima kasih
Wassalam
Assalamu'alaikum
BalasHapusSaya Halimatus Sakdiyah 170420054
Materi yang bapak sampaikan sangat jelas dan memudahkan kami dalam belajar. Terima kasih pak atas ilmunya. Sangat bermanfaat bagi kami.
Assalamualaikum wr.wb.
BalasHapusMenurut saya materi yang telah bapak sampaikan sangat jelas dan mudah dimengerti, ini sangat membantu kami belajar dirumah pak.
Mantap pak 👍👍
Akbar Gani (170420076)
Nama: Diky Irawan
BalasHapus170420101
Assalamualaikum
Awesome 👍, materi nya mudah dipahami, sangat bermanfaat, keseluruhan nya bagus pak. Terimakasih atas metode pembelajaran jarak jauh melalui video ini pak. Wassalamualaikum
Assalamu'alaikum pak
BalasHapusNama : Mustaghfir
Nim : 170420103
Menurut saya video nya sudah very nice pak,materi yang disampaikan juga clearly and sangat mudah untuk dipahami.
Thanks pak .
Nama: M Farhan Arrasyid Nasution
BalasHapusNIM: 1704200200
Cara menciptakan nilai pelanggan, kepuasan, dan loyalitas, menurut saya video bapak sangat bagus dan sangat kreatif. Penyampaian materi bapak juga sangat lengkap. Hanya saja saran saya, agak dikecilkan atau dimatiin dulu suara musiknya waktu bapak menjelaskan. Supaya bisa fokus ke materi yang bapak jelaskan. Terima kasih pak
Assalamualaikum
BalasHapusSaya Cut Tessa Alia
(170420077)
Materi yang bapak berikan sangat mudah dipahami, Sangat membantu dalam kuliah online.
Terimakasih pak untuk ilmunya:)
Assalamualaikum wr. WB
BalasHapusTerimakasih atas materi yang sudah bapak sampaikan. Sangat jelas dan mudah dipahami.
Maisyitah 170420078
Nama:Ayu Agustina
BalasHapusNim:170420061
Materi yang bapak sampaikan singkat dan jelas,juga mudah dimengerti.
Sangat membantu dalam proses pembelajaran .
Terimakasih pak
Assalamu'alaikum pak
BalasHapusNama :Qurratu Aini
Nim :170420087
Menurut saya video nya bagus pak
Sangat mudah saya dalam memahami materi yang bapak berikan.Mungkin itu saja dari saya pak
Terimakasih atas materinya hari ini pak
Penyampain video pembelajaran nya sangat bermanfaat buat kami yg belajar dari rumah pak. Tampilan Video nya juga bagus.. mudah untuk dimengerti..
BalasHapusterimakasih banyak atas ilmunya pak
T. Mirjan 170420052
Assalamu'alaikum wr. wb.
BalasHapusNama : Andi syahputra
Nim : 150420056
Saya sangat Terima kasih sekali untuk bapak yang telah membuat pembelajaran seperti ini. Dan mahasiswa lebih semangat belajarnya. Menurut saya ini sudah sangat sempurna materi yang telah bapak sampaikan kepada kami semua ..
Sekali lagi saya sangat berterima kasih kepada bapak Mariyudi. Karena ini bisa menjadi pengalaman utk semua mahasiswa bisa lebih intelektual.
Terima kasih
Wassalamu'alaikum wr.wb
Nama : dwi rahul maghribi
BalasHapusNim : 170420041
Materi yang bapak sampaikan jelas, tepat, dan mudah dimengerti.
Sangat membantu dalam kuliah online, buat video selanjutnya musicnya sedikit di pelanin pak.keseluruhan nya sudah mantap materi juga jelas
Assalamualaikum pak
BalasHapusMenurut saya keseluruhan sudah sangat bagus pak, penyampaian materi dari bapak mudah dimengerti dan kualitas videonya sangat bagus, terimakasih banyak pak atas materi hari ini
Nama :M Rizal Affandi Siregar
NIM :170420092
Assalamualaikum pak
BalasHapusmnurut saya vidio yang bapak Sudah sangat menarik , keren pak , sudah sperti di studio tv nasional , dan Penyampaian materi Pembelajaran mudah umtuk di pahami pak , terimakasih🙏
Assalamualaikum pak
BalasHapusRismayana 170420068
Video pembelajarannya sudah bagus pak
Sangat efektif sekali dan sangat membantu dalam memahami materi yang bapak berikan , materinya jelas sekali saat bapak menyampaikannya
Terimakasih pak
Assalamualaikum pak
BalasHapusMenurut saya vidio yang bapak buat sangat menarik, keren pak, sudah seperti di studio tv nasional, dan penyampaian materi pembelajaran mudah untuk di pahami pak , terima kasi
Nama ; yasir ramadhan
Nim; 170420104
Nama: Sisi Rejeki Aprilia
BalasHapusNIM: 170420136
Assalamu'alaikum pak
Menurut sayaa, video bapak sangat mendukung sistem perkuliahan online sekarang pak. Materinya mudah di pahami, sukses terus pak.
Nama : Mulyani
BalasHapusNim : 170420097
Assalamu'alaikum pak.
Seperti biasa, cara bapak menyampaikan materi sangat mudah dipahami dan menarik.
Disegi backsong nya juga sudah pas pak, dan suara bapak juga sudah sangat jelas.
Terimakasih materinya pak dan sukses terus buat website dan YouTube nya ^^
Assalamu'alaikum pak
BalasHapusVideonya makin mantap pak 👍 materinya jelas dan mudah dipahami, sangat bermanfaat untuk kuliah online ini. semoga bapak diberikan kesehatan agar bisa membuat video materi yang lebih mantap lagi untuk minggu depan 🙏
Nama: Fachri Hidayah
Nim : 170420023
Assalamualaikum pak
BalasHapusVideonya bagus pak
Materinya bisa d pahami dan jelas pak,saangat permanfaat untuk kuliah kita hari ini pak ��
Terima kasih pak atas materinya hari ini ��
Nama : Rini Meuthia Maysarah S
Nim :170420042
Jamilah (190261101024)
BalasHapusAssalamualaikum pak, Materi pada vidio yang bapak sampaikan sudah sangat jelas dan sangat mudah di pahahami,Terimakasih pak🙏
Rizkan abqa
BalasHapusNim: 190261101043
Materinya sangt bermanfaat pak. Buat belajar di rumah. Trimakasih pak
Rahmat Fauzi Sinulingga (170420049)
BalasHapusTerimakasih sekali pak untuk materinya. Mantap pak, jelas dan sangat mudah dipahami
Terimakasih atas materi kuliah Menciptakan Nilai Pelanggan, Kepuasan dan Loyalitas yg telah Bapak berikan kepada kami.Menurut sy sistem perkuliahan secara daring dalam bentuk video sangat inspiratif, menarik, mudah dipahami dan sangat bermanfaat dalam situasi dan kondisi seperti ini.
BalasHapusIDA ILNAYANTI
NIM 190261101037
Rizky andarfi (170420086)
BalasHapusTerimah kasih pak atas materinya hari ini.
Videonya sangat bagus dan jmmudah dipahami pak. Dari segi video, musik sudah sangat kreatif pak
Terimah kasih pak
Tanyangan video sangat bagus dan jelas sehingga materinya mudah dimengerti sehingga untuk kuliah melalui daring sgt bermanfaat
BalasHapusAssalamualaikum wr wb
BalasHapusTerimakasih bnya atas vidionya hari ni pak. Vidionya sangat bagus dan bermanfaat dalam proses pembelajaran dkondisi yg seperti ini.
Smoga Bapak slalu dalam lindungan Allah SWT.
Nama : Dani Putra
Nim : 170420015
Sangat bermutu
BalasHapusVideonya laksana tatap muka langsung dan naterinya cukup jelas.
BalasHapusZuhri
Nim 190261101040
BalasHapusAlhamdulillah setelah melihat video bapak, Alhamdulillah videonya sangat menarik untuk ditonton dan materinya sangat mudah difahami
Tapi, saya ingin sedikit memberikan masukan terkait video bapak
Alangkah lebih baik, jika music nya sedikit dikecilkan, dan audio bapak bisa lebih di steril kan, soalnya nampak dari proses rekamannya suara bapak masi sedikit memantul mungkin karena berada dalam ruangan saat proses perekaman, supaya audio yang nanti dihasilkan bisa lebih keren pak
Laila Fajri
190261101006
Angkatan V
Alhamdulillah materi pembelajarannya sangat bermanfaat dan banyak ilmu pemasaran yang bisa kita ambil apa lagi dalam situasi saat ini kita harus stayhome. Adapun yg saya ingin menanyakan bagaimanakah seorang pelanggan melakukan komplain kekecewaan pada pelaku pasar online yg barangnya tdk seperti yang diharapkan dan bagaimana kita ketahui kalau komplain kita direspon. Mohon pencerahan nya Terima kasih Pak atas materi tayangannya. Wassalam.
BalasHapusM. Yusuf
BalasHapusWa'alaikum salam
Videonya sangat bermanfaat dan mudah difahami.
Ada pertanyaan Pak, bagaimana melakukan komplain kekecewaan pada penjual online dan bagaimana kita ketahui kalau komplain kita di respon.
Sarannya Pak musik background nya maunya dikecilkan sedikit supaya suara bapak lebih jelas terdengar. Trima kasih Pak
M.Yusuf
NIM 190261101018
Assalamualaikum wr.wb
BalasHapusTerimakasih pak, atas materi kuliah Menciptakan Nilai Pelanggan, Kepuasan dan Loyalitas yg telah Bapak berikan kepada kami. Menurut saya dengan sistem perkuliahan secara daring dalam bentuk video seperti yang telah bapak sajikan sangat modern, menarik, mudah dipahami dan pastinya sangat inspiratif serta sangat bermanfaat.
NILAWATI
NIM 191100410063
Ass.wr wb
BalasHapusPenjelasan dan vidio PBM sangat menarik
Sedikit sy ingin bertanya pak..
Bagaimana perusahaan tingkat menengah saat ini dengan persaingan di era di digital..trimks
Asslammualaikum pak...
BalasHapusVidionya sangat bagus dan bermanfaat dalam proses pembelajaran dkondisi yg seperti ini.
Hasnaria
NIM 206110101023
Wihibisana bilqisthi
BalasHapusNim: 206110101031
Materinya sangt bermanfaat pak. Buat belajar di rumah. Trimakasih pak
Nama : M.Nasir
BalasHapusNim : 206110101010
Menurut saya materinya singkat, padat, jelas dan mudah dipahami pak
Ini sangat membantu proses pembelajaran dirumah .kita doakan kedepan kita bisa belajar dikampus dan kami bisa menerima ilmu langsung dari bapak Terimakasih bapak
Mulyasir
BalasHapusNim : 206110101012
materinya sangat bermanfaat pak.untuk menambah ilmu pemasaran apalagi di era digital ini
trimakasih
Assalamualaikum pak
BalasHapusFitri Zuhariaty
NIM : 206110101004
Materi ini sangat menarik dengan pemaparan yang menarik & mudah dimengerti terkait ilmu manajemen pemasaran, Materi juga sangat mengedukasi. .
Assalamualaikum Wr.Wb.
BalasHapusMenurut saya, di era digital seperti sekarang ini video pembelajaran seperti ini sangatlah menarik, efektif dan juga cocok dalam kondisi pandemi yang sedang terjadi saat ini, dimana pembelajaran sementara yang dipilih adalah dengan penerapan pembelajaran secara daring.
Video pembelajaran ini juga didukung dengan desain grafis yang menarik, pemaparannya lugas mudah dipahami sehingga pesan tersampaikan. Secara keseluruhan sangat bermanfaat. Terimakasih.
Wassalam.
Risna Yuliyana
NIM:206110101014
Maaf pak, jika kepuasan dan loyalitas pelanggan sudah kita dapatkan, bagaimana pak kiat-kiat perusahaan dalam mempertahankan nilai pelanggan diatas sebagai target market agar pelanggan bisa terus-menerus puas dan loyal terhadap layanan perusahaan? FADHLI /206110101030 terima kasih
BalasHapus